E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Benarkah Jika Ditelan Permen Karet akan Tinggal di Perut Selama 7 Tahun?

Dibaca: 923 kali, Dalam kategori: Kesehatan, Diposting oleh: Admin lihat profil
pada tanggal: 2015-08-31 06:01:57 wib


Benarkah Jika Ditelan Permen Karet akan Tinggal di Perut Selama 7 Tahun?Mengunyah permen karet jadi kebiasaan banyak orang. Tak jarang permen karet kerap tertelan. Konon hal ini membahayakan tubuh karena permen karet akan tertinggal di perut selama 7 tahun. Benarkah hal ini?

Saat permen karet tertelan atau ditelan, maka perut akan mencernanya seperti jenis makanan lain. Ini berarti permen karet akan dikeluarkan ketika buang air besar. Mitos yang menyebutkan permen karet akan tertinggal hingga 7 tahun dalam perut pun dapat dipastikan tidak benar.

Permen karet juga tidak selalu dicerna karena gum base yang merupakan bahan utama pembuatan permen sebenarnya tidak bisa diproses tubuh. Namun hal ini tidak berbahaya mengingat sistem pencernaan akan terus berlangsung selama tidak terganggu.

Walaupun begiu terdapat sedikit kasus dimana permen karet dapat menyumbat sistem pencernaan. Terjadi ketika jumlah permen yang ditelan sangat banyak dalam waktu singkat. Misalnya menelan 20 gumpalan permen karet dalam sekali waktu,

Seperti diberitakan The Daily Meal (30/08/15), kasus penyumbatan sistem pencernaan oleh permen karet ini umumnya terjadi pada anak kecil. Karena saluran pencernaan mereka lebih kecil dibandingkan orang dewasa.

sumber: detik.com

Bagikan Artikel ini ke Facebook