E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Guru yang di RIndu

Dibaca: 872 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: SUPRIADI lihat profil
pada tanggal: 2015-09-10 19:17:27 wib


Guru yang di RInduRasulullah S.A.W bersabda, “sesungguhnya Allah dan malaikatnya, para penghuni langit dan bumi hingga semut yang ada di dalam tanah (di tempat tinggalnya) dan ikan hiu yang ada di dasar laut mendoakan kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.”

Jika seorang guru memiliki beberapa metode pengajaran yang baru dan memikat maka ia akan menjadi seorang guru yang dirindukan oleh murid-muridnya. Mereka akan menerima pelajaran yang diberikan dengan hati senang
dan antusias, sehingga ia menjadi seorang guru yang dicintai oleh murid-muridnya dan hendaknya juga menyayangi mereka. Tidak diragukan lagi, guru yang tidak memiliki sifat kasih terhadap murid, maka ia tidak akan bertahan lama menekuni profesi sebagai seorang guru kecuali kkarena terpaksa. Ketenangan hati dan sifat menerima antara guru dan murid-muridnya adalah unsur terpenting dalam proses pendidikan yang sukses.

Prof. Dr. H. Mohamad Surya berpendapat bahwa guru yang dicintai adalah seorang guru yang memiliki sifat ramah dalam berinteraksi kepada sesama, memahami orang lain, menghormati tanggung jawab, disiplin dalam sikap tugas-tugasnnya dan mampu berinisiatif dan inovatif.
Riset yang dilakukan oleh hart. Dia berpendapat bahwa guru yang dicintai adalah yang memiliki sifat sebagai berikut : 1) Menjelaskan pelajaran dengan gambling dan menggunakan contoh, 2) Berjiwa humoris, periang, 3) Sosok yang penuh kasih, sehingga kita merasa bahwa dia menjadi bagian dari keluarga kita, 4) Mampu menggairahkan para murid untuk giat belajar, 5) Memperhatikan murid-muridnya dan memahami keadaan mereka, 6) Tidak memihak, bersikap moderat dan tidak pemarah, 7) Sabar, penuh kasih saying dan peka
Perilaku guru muslim adalah sebagai suri tauladan bagi orang lain. Sikap guru muslim yang dalam berpakaian sangat disayangkan, ada bebarapa guru berpakaian namun tidak disesuaikan dengan usianya, sehingga para ,murid merasa bahwa tidak ada perbadaan antara dirinya dengan gurunya; warna pakaiannya sama dan bentuknya pun tidak jauh berbeda. Penampilan guru yang seperti ini bisa mengurangi penghormatan para murid kepada dirinya. Allah S.W.T berfirman :
          •           
Artinya “Hai anak Adam (Umat Manusia) Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa (selalu bertakwa kepada Allah SWT) Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat”.
Oleh karena itu dianjurkan kepada para guru untuk memakai pakaian yang rapi dan tidak berlebih-lebihan. Di samping itu, mereka juga dianjurkan untuk menjaga karakter fitrah. Semoga Allah SWT memberikan hidayah kepada para guru sehingga dapat memberikan teladan yang baik bagi murid-muridnya.
Wahai saudara-saudaraku para guru yang tercinta, pilihlah kata-kata yang baik lagi santun. Jangan biarkan Anda berucap kecuali untuk mengeluarkan kata-kata yang indah lagi bernilai, karena murid-murid yang ada dihadapan Anda akan merekam kata-kata dalam memori ingatannya. Mereka akan menyimpan di dalam otaknya setiap kata yang keluar daari mulut Anda.
Hal yang cukup memalukan bila ada teman anda seorang guru juga mengucapkan kata-kata yang seronoh dan kurang baik. Dengan kata-kata ini, dia mengira dapat lebih dekat dengan para murid, dan dia akan bisa memikat hati murid. Guru ini tidak sadar, bahwa murid itu sendiri yang akan melecehkan dirinya ketika mereka besar nanti, ketika mereka menemukan hakikat makna hubungan antara guru dan murid-muridnya. Berepa banyak kata-kata yang kita dapatkan dari para guru kata yang indah dan menyentuh kalbu yang masih kita ingat sampai sekarang dan kita sering mengulanginya.
Karakter Guru sukses :
1. Selalu siap untuk meningkatkan pengetahuan seputar materi pelajarannya, yaitu dengan mendalam hingga dia bisa menggabungkan meteri tersebut dengan pengetahuan yang baru. Di samping itu, dia memiliki metode yang baik untuk memberikan pemahaman kepada murid-muridnya.
2. Mengenal dengan baik sana-sarana modern dalam pendidikan, sehingga dirinya dapat mentransfer pengetahuan-pengetahuan yang ada dengan mudah
3. Mengetahui beberapa karakter pertumbuhan jiwa para murid, sehingga dia mempu menghadapi perbedaan antara setiap individu dari sisi jiwa, akal, dan emosional
4. Bersikap objektif yaitu bersikap sama kepada murid ; tidak pilih kasih. Menjauhi sikap condong kepada sebagian murid dan menafikkan yang lain.
5. Memiliki sikap inovatif dan kreatif (memakai sarana-sarana terbaru dalam mendidik)
6. Murid-murid merasa dihormati dan dihargai ketika bersamanya. Disamping itu, para murid bahwa gurunya adalah pemilik kemudian karena dialah yang telah memberikan ilmu kepadanya, menunjukan akhlak yang baaik, bahkan membantu mereka dalam dalam menyelesaikan masalahnya; baik berhubungan dengan materi pelajaran maupun tentang kehidupan sosial

Bagikan Artikel ini ke Facebook