E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Ini Dia Lima Batu Akik Asal Kerinci yang Paling Dicari

Dibaca: 5095 kali, Dalam kategori: Hiburan, Diposting oleh: Admin lihat profil
pada tanggal: 2015-04-29 15:59:16 wib


Ini Dia Lima Batu Akik Asal Kerinci yang Paling DicariKabupaten Kerinci, Provinsi Jambi yang notabenenya merupakan daerah pegunungan berhawa sejuk, memiliki ratusan atau bahkan jenis batu akik.

Diolah dari berbagai sumber, sejauh ini sedikitnya ada lima batu akik asal Kerinci yang paling dicari oleh para kolektor dan penyuka batu akik. Ini ulasannya.

1. Batu Akik Lumut Kerinci
Batu Lumut Kerinci atau biasa disebut Luker, lebih dahulu muncul sebagai salah satu batu akik asal Kabupaten Kerinci. Batu ini memiliki sedikitnya tiga warna, yakni hijau, ungu dan putih. Warna hijau mendominasi batu yang banyak terdapat di Muara Imat, Kecamatan Batang Merangin ini. Bagi yang beruntung, akan mendapatkan batu kualitas super, tembus cahaya dan memiliki berbagai motif, terutama motiv guratan awan di angkasa. Batu ini sudah banyak dijual tidak hanya di Kerinci akan tetapi di berbagai kabupaten/kota lainnya di Provinsi Jambi, bahkan hingga ke luar Provinsi Jambi.

2. Batu Akik Badar Lumut Kerinci
Batu akik Badar Lumut Kerinci atau biasa disebut Badar Lumut Muara Imat mempunyai warna berbeda dengan Lumut Kerinci. Badar Lumut Muara Imat ini didominasi warna hijau tua berurat atau bergaris-garis hitam, seperti baju loreng. Disebut badar karena batu ini ada yang lengket jika ditempel ke magnet. Sama dengan Lumut Kerinci, Badar Lumut Muara Imat ini juga memiliki berbagai motif dan bentuk.

3. Batu Akik Pirus Kerinci
Disebut Pirus Kerinci karena batu satu ini menyerupai Batu Pirus yang sudah mendunia. Berbeda dengan Batu Pirus Persia yang didominasi warna biru dan hitam atau Pirus Urat Emas yang didominasi warna biru dan emas, batu Pirus Kerinci memiliki banyak warna, seperti biru muda, hijau, kuning dan putih. Meski jarang ada yang tembus cahaya, namun batu ini cukup menarik dari segi kombinasi warna yang berurat-urat, sehingga cukup diminati pencinta batu akik. Batu ini juga banyak terdapat di Muara Imat.

4. Lumut Merah Kerinci
Disebut Lumut Merah karena batu ini berwarna merah membentuk guratan seperti embun. Batu ini juga banyak terdapat di perbatasan Kerinci-Sumbar, di Kecamatan Batang Merangin dan beberapa tempat lainnya di Kerinci. Jika dilihat sekilas mirip Lumut Suliki dari Sumbar. Batu ini juga banyak dipakai pencinta batu akik karena ada perpaduan warna merah dan hitam.

5. Batu Sungai Bermas
Batu Sungai Bermas beasal dari Kecamatan Gunung Kerinci, sepertinya menjadi batu dengan motiv terbaik di Kerinci. Batu ini memiliki motiv yang cukup unik, seperti ada lukisan panorama alam di dalam sebongkah batu. Jika Anda beruntung mendapatkan batu kualitas super, terdapat lukisan tanaman atau tumbuhan dengan berbagai corak dan bentuk secara natural. Batu ini kini mulai dicari para pencinta batu akik. Batu ini akan lebih bagus lagi dijadikan sebagai liontin.

Di luar batu akik ini, masih banyak lagi batu akik dari Kerinci lainnya, seprti Giok Kerinci, Panca Warna Pungut, batu dari Danau Kerinci, batu giok dari Kayu Aro dan berbagai tempat lainnya. (pas)

Sumber: Jambiupdate.com

Bagikan Artikel ini ke Facebook