E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

SEORANG GURU HARUS MEMENUHI STANDAR KOMPETENSI GURU

Dibaca: 1282 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: MURSALIM, S. Kel lihat profil
pada tanggal: 2015-10-25 07:29:16 wib


Dalam Undang-undang Nomor 14/2005 (UU Guru dan Dosen) dikemukakan bahwa Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan”.
Kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.
Guru sebagai tenaga professional mengandung arti pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan pendidikan tertentu. Dengan demikian syarat menjadi seorang guru itu wajib memiliki :
 Kualifikasi akademik
 Kompetensi
 Sertifikat pendidik
 Sehat jasmani & rohani
 Kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
Kelima poin di atas adalah syarat minimal yang harus dimiliki oleh seorang guru agar point ke lima mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Dengan adanya pendidikan maka akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan pemerintah ini, maka usahakan pendidikan mulai dari tingkat SD sampai pendidikan di tingkat Universitas.
Pada intinya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan menggunakan tolak ukur keberhasilan pendidikan melihat proses pembentukan karakter dan budi pekerti anak, bukan semata-mata hasil UN saja
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan ini, maka diharapkan seorang guru harus memiliki empat kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu, 1) Kompetensi Pedagogik, 2) Kompetensi Kepribadian, 3)Kompetensi Sosial dan 4). Kompetensi Profesional
Kompetensi Pedagogik itu meliputi :
1. Pemahaman wawasana atau landasan kependidikan
2. Pemahaman terhadap peserta didik
3. Pengembangan kurikulum/silabus
4. Perancangan pembelajaran
5. Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
6. Pemanfaatan teknologi pembelajaran
7. Evaluasi hasil belajar
8. Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya

Sementara Kompetensi Kepribadian yang harus dimiliki moleh seorang guru adalah :
1. Mantap
2. Berakhlak mulia
3. Arif dan bijaksana
4. Berwibawa
5. Stabil
6. Dewasa
7. Jujur
8. Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
9. Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri
10. Mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan

Kompetensi Sosial guru itu :
1. Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
2. Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
3. Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua/wali peserta didik
4. Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku
5. Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan

Yang terakhir adalah kompetensi professional guru, harusnya meliputi Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge) penguasaan:
1. Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
2. Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu (By Mursalim, S. Kel / GuruSMK Negeri 3 Majene)


Bagikan Artikel ini ke Facebook