E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Uji Kompetensi Guru atau Uji Nyali Guru Online

Dibaca: 1541 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: nnnnn nnnnn lihat profil
pada tanggal: 2015-11-01 16:11:53 wib


Uji Kompetensi Guru atau Uji Nyali Guru Online Sebentar lagi guru-guru se-Indonesia akan ikut perhelatan besar UKG secara online. Di era teknologi ini diharapkan guru menguasai teknologi, sekaligus pula kompeten dalam mata pelajaran yang diampunya.

Kekurangan UKG
Kelemahan UKG yang utama adalah tidak semua guru yang diuji adalah yang sesuai dengan bidangnya. Khususnya yang di SMP/SMA, belum tentu guru yang mengajar IPA adalah guru yang berijasah Biologi atau Fisika atau Kimia atau IPA.
Hal tersebut terjadi karena dahulu, ketika diterima menjadi guru, bidang yang akan diampu telah kebanyakan atau yang tersedia justeru bertentangan dengan ijasahnya.

Kelebihan UKG
UKG (uji kompetensi guru) merupakan sebuah uji nyali bagi guru dalam membuktikan kompetensinya sebagai guru. Meskipun hanya dua (2) kompetensi yang diujikan, hal itu sudah mewakili 4 standar kompetensi yang perlu dikuasai guru.
Bagaimana pun memang 2 kompetensi inilah, yakni kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang melekat dalam KBM sehari-hari guru di kelas.

Website yang perlu Bapak/Ibu Guru datangi untuk mengetahui apakah nama Bapak/Ibu Guru sudah terdata untuk ikut UKG online adalah http://mirror.pusbangprodik.org/index.php?pg=ukg15

Demikian seputar UKG online yang akan berlangsung 9-27 November 2015 mendatang. *Penulis.

Bagikan Artikel ini ke Facebook