E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Pengajaran yang Rasional

Dibaca: 644 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: nnnnn nnnnn lihat profil
pada tanggal: 2015-11-01 20:22:54 wib


Pengajaran yang Rasional Pengajaran adalah usaha yang terencana untuk memberikan bahan ajar kepada peserta ajar, yang di dalamnya berisi materi-materi ajar yang dibutuhkan. Pengajaran tidak selalu terkait dengan kurikulum. Mengapa demikian ? Sebab pengajaran belum tentu diperoleh melalui lembaga pendidikan. Misalnya seorang anak yang mengajarkan tulis dan baca kepada neneknya yang masih buta huruf. Ini di luar lembaga pendidikan. Atau pengajaran yang dilakukan LSM kepada anak-anak jalanan.

Kaitannya dengan pendidikan, pengajaran merupakan hal yang termasuk dalam lingkup kurikulum. Mengajarkan bidang studi, mata pelajaran dan/atau mata diklat merupakan tugas utama guru di sekolah. Guru harus bisa mendisaian pola pengajarannya, yang dikenal sebagai rancangan pembelajaran atau RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Yang kemudian difokuskan lagi dalam skenario pembelajaran.

Apa pun namanya itu, guru pulalah yang akan menyiasati bentuk pengajarannya. Kemudian hari dikenal sebagai model pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dikenal selama ini. Dari sekian banyak model pembelajaran, guru jugalah yang harus pandai-pandai menerapkannya. Namun bukan berarti, bila telah menggunakan model pembelajaran, kualitas peserta didik (murid/siswa) menjadi lebih cerdas dari sebelumnya yang tanpa model pembelajaran.

Sebaiknya pengajaran itu yang rasional saja, bisa dipahami siswa, mencerdaskan dan tidak memusingkannya.

Sekarang dapat kita lihat, pengajaran kita cenderung mengajak siswa bermain-main di kelas dan sedikit ilmu yang disampaikan. Muara dari semua itu hanya ingin dianggap pengajarannya memiliki kelebihan. Hasilnya ? Banyak siswa yang tercengang, dalam arti hanya bengong pada akhirnya. Mereka tetap mencari materi ajar dari luar sekolahnya. Akhirnya, guru mengajar, siswa terlantar materi ajar.

[caption caption="ilustrasi"][/caption]

Demikian tulisan dari penulis. Semoga bermanfaat. *

Bagikan Artikel ini ke Facebook