E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Keuntungan Bangun Lebih Awal di Pagi Hari

Dibaca: 1135 kali, Dalam kategori: Umum, Diposting oleh: Admin lihat profil
pada tanggal: 2015-05-02 07:21:29 wib


Keuntungan Bangun Lebih Awal di Pagi HariBerbahagialah bagi orang yang memiliki kebiasaan untuk bangun di pagi hari karena bangun pagi memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita baik dari segi kesehatan dan segi psikologisnya. Seseorang yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi akan lebih sukses daripada orang yang sering bangun kesiangan. Tidak ada salahnya jika kita membiasakan untuk bangun di pagi hari, seseorang yang terbiasa untuk bangun pagi dapat mengatur dan menyelesaikan aktivitas dengan mudah tanpa harus merasa terburu-buru. Memang bukan perkara yang mudah untuk bisa bangun lebih awal di pagi hari, banyak orang lebih memilih untuk begadang dalam menyelesaikan tugas mereka daripada menyelesaikannya pada pagi hari. Berikut ini dalam berbagai macam manfaat dari bangun lebih awal di pagi hari dari berbagai sumber.

1. Manfaat untuk kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, pagi hari memiliki kualitas udara yang baik. Hal ini berdampak juga untuk kesehatan kita, para ahli berpendapat bahwa udara pagi hari yang minim tingkat polusinya dapat meningkatkan kerja otak kita, memperlancar peredaran darah kita dan menjauhkan kita dari penyakit paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara. Paparan sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit dan tulang kita. Karena rutinitas yang hampir menyita semua waktu yang kita punya sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga sebelum memulai aktivitas.

2. Memiliki waktu untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kita

Pekerjaan dan tugas adalah tanggung jawab yang harus kita kerjakan, bukan semata untuk kebaikan kita, melainkan juga untuk kebaikan orang lain juga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus dapat mengatur waktu agar pekerjaan tersebut cepat selesai dan tidak terbengkalai. Seseorang yang terbiasa untuk bangun pagi dapat menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya dengan tepat waktu. Mereka memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaannya sehingga mereka tidak perlu begadang untuk menyelesaikannya.

3. Menikmati indahnya pagi hari

Hal yang tidak dapat ditemukan bila Anda sering bangun kesiangan adalah keindahan suasana di pagi hari. Melihat matahari mulai terbit, mendengar kicauan burung, melihat tetesan embun pagi dan ditambah lagi dengan udara segar yang kita hirup. Hal-hal yang seperti ini yang dapat membuat suasana hati kita menjadi baik, sehingga kita siap untuk menjalani aktivitas.

4. Memberikan mood yang baik sehingga menjadi lebih produktif

Bukan hanya memberikan keindahannya, tetapi juga dapat memberikan mood yang baik untuk memulai hari. Saat bangun pagi Anda tidak perlu merasa terburu-buru dalam melakukan aktivitas. Di samping itu juga kita bisa tepat waktu datang ke tempat kerja sehingga suasana hati yang baik terbentuk dengan sendirinya. Dengan mood yang baik, kita dapat bekerja dengan baik juga.

5. Mengurangi keinginan untuk begadang

Dengan bangun lebih awal di pagi hari kita pun akan tidur lebih awal juga, karena tubuh sudah lelah beraktivitas mulai pagi hari sampai malam sehingga keinginan untuk begadang kalah dengan rasa kantuk kita. Hal ini juga dapat membantu kita untuk terbiasa menjalani pola hidup yang teratur.

6. Waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan memotivasi diri

Sebelum memulai hari, ada baiknya kita mulai dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Pagi hari adalah waktu yang efektif untuk beribadah kepada Tuhan. Di saat semua orang terlelap dalam tidurnya, kita sudah bangun untuk menyembah Tuhan. Meminta kepada-Nya untuk menyertai dan memberkati semua hal yang kita lakukan agar mendapatkan keberhasilan dan kebaikan untuk kita dan orang di sekitar kita. Baru setelah itu kita memotivasi diri kita. Motivasi tidak dapat bertahan lama karena manusia sangat mudah untuk melupakan motivasi yang diberikan. Oleh karena itu, setiap hari kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri dengan mengulang kembali kata-kata motivasi yang pernah kita dengarkan agar semangat kita kembali diperbarui lagi.

Tetapi sayangnya keuntungan bangun di pagi hari ini tidak dapat dirasakan oleh sebagian orang karena terkendala profesi mereka. Ada beberapa profesi yang dituntut untuk bekerja di malam hari seperti perawat, dokter, polisi, pekerja pembangkit listrik, dan masih banyak lagi. Mereka tidak memiliki pilihan untuk bisa bekerja di pagi hari karena pekerjaan mereka yang vital bagi kebutuhan banyak orang. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki aktivitas di pagi hari, manfaatkanlah dengan maksimal bangun di pagi hari.

sumber: keluarga.com

Bagikan Artikel ini ke Facebook