E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM SEBUAH TELAAH

Dibaca: 918 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: USMAN ZAINI, M.Pd.I lihat profil
pada tanggal: 2016-02-06 06:22:21 wib


Pendidikan dipandang salah satu aspek penting yang memiliki peranan dalam membentuk generasi muda yang akan datang. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggungjawab serta mampu mengantisipasi masa yang akan datang. Pendidikan senantiasa menyertai perubahan-perubahan dan perkembangan umat manusia . Dengan upaya pendidikan bisa menghantarkan dan membimbing perubahan dan perkembangan hidup yang lebih baik.
demikian strategisnya eran pendidikan tersebut,sehingga umat manusia concern terhadap masalah tersebut. Bagi umat islam menyiapkan generasi yang berkualitas dan bertanggungjawab lewat upaya pendidikan merupakan suatu keharusan senada dengan pesan Ilahi yang artinya " Hendaklah orang-orang merasa takut seandainya mereka meninggalkan generasi (penerus) yang lebih dibelakang mereka, yang mereka khawatirkan nasibnya. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan (mendidik) yang benar (QS.4:9), juga sesuai dengan sabda baginda Rasul Muhammad Saw: Didiklah anak-anakmu, karena sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya bukan zamanmu(Al Hadits).Oleh karena itu, pada dasarnya, pendidikan adalah proses mempersiapkan anak didik untuk menghadapi kehidupan dimasa mendatang yang lebih bertanggungjawab.
Dengan pemahaman semacam itu maka umat islam Indonesia sudah seharusnya memperhatikan dan ikut serta dalam mensukseskan pembangunan nasional dibidang pendidikan denagn jalan berupaya untuk selalu mencari dan menemukan konsep-konsep pendidikan islam yang benar-benar mencerminkan sebuah ajaran islam yang sebenarnya sehingga pemuda islam yang akan kita tinggalkan menjadi pewaris bangsa yang mandiri, bertanggungjawab seta berakhlak mulia sesuai dengan ajaran agama islam dan juga diharapkan generasi islam yang akan datang tidak terjebak dan terjerumus pada ajaran ajaran yang sesat dan menyesatkan.

Bagikan Artikel ini ke Facebook