E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Delapan Belas Karakter Budaya Karakter Bangsa

Dibaca: 605 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: Sitti Nurlaili Ishaq,S.PdI lihat profil
pada tanggal: 2016-02-23 14:12:51 wib


Dalam buku Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Budaya Karakter Bangsa disusun delapan belas karakter pendidikan budaya karakter bangsa, yaitu :
1. RELIGIUS; sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. JUJUR; perilku yan didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3. TOLERANSI; sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat,sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya.
4. DISIPLIN; tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh kepada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. KERJA KERAS; perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
6. KREATIF; berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
7. MANDIRI; sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. DEMOKRATIS; cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. RASA INGIN TAHU; sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengambil lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat dan didengar.
10. SEMANGAT KEBANGSAAN; Cara berpikir, bertindak dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. CINTA TANAH AIR;cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tingi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, politik dan bangsa.
12. MENGHARGAI PRESTASI; sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. BERSAHABAT/KOMUNIKATIF;tindakan yang memperlihatkan senang berbicara, bergaul dan bekerja san dengan orang lain.
14. CINTA DAMAI; sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. GEMAR MEMBACA; kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagidirinya.
16. PEDULI LINGKUNGAN;sikap dan tindakan yang selalu ingin berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam disekitarnya, dan berupaya memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. PEDULI SOSIAL; sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. TANGGUNG JAWAB; sikap dan tindakan yang selalu siap mempertanggung jawabkan setiap hasil dari pekerjaannya.

Bagikan Artikel ini ke Facebook