E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

PENGEMBANGAN DIRI HASTA KARYA DUKUNG ADIWIYATA MIN MODEL MARTAPURA

Dibaca: 2012 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: MARIA ULFAH, S.Pd.I lihat profil
pada tanggal: 2016-02-24 19:24:33 wib


PENGEMBANGAN DIRI HASTA KARYA DUKUNG ADIWIYATA MIN MODEL MARTAPURAMartapura-Mimora, MIN Model Martapura (Mimora) adakan pengembangan diri bagi siswa kelas III, IV, V dan VI yang mempunyai potensi di bidang tartil quran, olahraga, seni maupun keterampilan hasta karya, Sabtu (13/02/16) di Mimora.
Kegiatan pengembangan diri hasta karya yang dibimbing Maria Ulfah, S.Pd.I ini terbilang baru yakni dilaksanakan pada awal semester genap dengan jumlah siswa yang mengikuti sebanyak 35 orang yang terdiri dari 30 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Dalam pembuatan hasta karya ini mengutamakan bahan yang berasal dari barang bekas seperti koran bekas, kardus bekas, bekas kemasan makanan dan minuman serta kain perca jelas Maria.
Selain untuk mengembangkan bakat siswa hasta karya ini diadakan untuk mendukung Mimora sebagai Madrasah adiwiyata sehingga dapat memanfaatkan sekaligus mendaur ulang sampah yang di kumpulkan siswa. Barang bekas bisa dimanfaatkan menjadi barang berharga seperti bingkai foto, tempat tisu, tempat buah, saufenir, tas, sarung bantal dan aksesoris ungkap Maria.
Mimora sering mengikuti lomba hasta karya dan inovasi yang berbahan barang bekas baik di kabupaten Banjar dan wilayah Banjarbaru yang diadakan oleh PGSD Unlam Banjarbaru dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, hari peduli sampah yang diadakan Dinas Pemukiman dan Perumahan (DISPERKIM), maupun hari lingkungan hidup yang diadakan oleh Balai Lingkungan Hidup (BLH).
Untuk mempersiapkan siswa mengikuti lomba inovasi dari barang bekas yang diadakan oleh DISPERKIM yang diselenggarakan dalam rangka hari peduli sampah pada hari Sabtu tanggal 20 Februari 2016 mendatang, Eddy Ruzhami, S.Ag selaku kepala MIN Model Martapura memberikan instuksi agar kegiatan pengembangan diri hasta karya lebih ditingkatkan. “Dengan seringnya berlatih semoga kalian nantinya dapat memenangkan lomba,” harap Eddy.
Nafisah salah satu siswa kelas VI C yang mengikuti kegiatan ini, sekaligus siswa yang akan mewakili pada lomba inovasi mendatang mengatakan senang dapat mengembangkan bakat dan kreatifitasnya dalam pembuatan hasta karya, serta dapat memanfaatkan sampah kemasan makanan yang biasanya dibuang begitu saja menjadi barang kerajinan. (Rep/Ft: Maria)

Bagikan Artikel ini ke Facebook