E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Cara Mengatasi Insomnia dengan Mudah

Dibaca: 832 kali, Dalam kategori: Umum, Diposting oleh: Admin lihat profil
pada tanggal: 2015-04-27 13:33:10 wib


Cara Mengatasi Insomnia dengan MudahInsomnia atau gangguan sulit tidur adalah hal yang sangat tidak mengenakkan. Tubuh sudah sangat lelah, namun mata masih memincing sulit untuk dipejamkan. Keluhan utama orang mengalami insomnia adalah orang sulit memulai tidur, sering terbangun dari tidur, sulit tidur lagi, setelah terbangun dimalam hari, cepat bangun di pagi hari. Nah, tentu keadaan ini akan semakin membuat tubuh dan pikiran kita stress, pada akhirnya kualitas hidup kita akan turun drastis. Lama-kelamaan insomnia yang tidak segera bisa diatasi akan menjadikan depresi.

Sebagai langkah praktis cobalah kiat dan tips mengatasi insomnia dengan mudah sebelum Anda berobat ke dokter keluarga Anda. Terapi Cara Mengatasi Insomnia

cara mengatasi insomnia gangguan sulit tidur

1. Tidur dengan Lampu Mati
Menurut hadits Rasulullah SAW. Saat tebaik bagi tubuh untuk tidur adalah dalam keadaan kamar gelap. Tidak ada cahaya lampu atau penerangan. Saat ini penjelasan ilmiahnya sudah diketemukan karena cahaya kamar yang terang akan mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin kita. Akibatnya tubuh tidak bisa beristirahat dan terus memproduksi hormone melatonin. Matikan lampu, TV, Gadget dan Smartphone Anda. Usahakan jauhkan dari kamar tidur karena alat-alat elektronik tersebut juga memicu memancarkan radasi yang akan mengganggu frekueni otak kita untuk istirahat.

2. Jangan Minum Kopi sebelum Tidur
Siapa yang tidak kenal kopi. Hampir seluruh pria dan wanita adalah penyuka kopi. Bukankah kopi Indonesia adalah salah satu yang terlezat didunia? Sayang banget kalau kita tidak doyan ngopi. Namun jika insomnia atau gejala sulit tidur sudah sering melanda kehidupan Anda sebaiknya aktivitas yang satu ini dikurang atau dihentikan untuk sementara waktu terutama ritual minum kopi pada sore hari. Gantilah untuk minum teh hijau, susu dan coklat karena ketiganya memiliki efek yang menenangkan. Lebih baik lagi untuk perbanyak minum air putih dari sore hingga malam hari.

3. Ubah Pola Tidur Anda
Pekerja keras sering mengabaikan pola tidur. Padahal tidur yang teratur sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita. Tingkat Stress pun menjadi lebih banyak menurun. Cobalah untuk mengatur jadwal kerja dan prioritaskan mana yang penting dan mana yang masih bisa dikerjakan esok hari. Otak membutuhkan waktu siklus istirahat pada malam hari. Tidur mulai pukul 22.00 malam lebih bagus, karena Anda akan terbangun pukul 05.00 pagi dalam keadaan sehat dan bugar. Berilah hak istuirahat untuk tubuh dan pikiran Anda demi hidup yang lebih berkualitas.

4. Olahraga Teratur
Kualitas tidur berhubungan erat dengan gaya hidup Anda terutama bagaimana kesehatan Anda jaga. Olahragalah yang teratur. Paling tidak 3x seminggu dengan latihan cardovaskular seperti jalan sehat bersepeda, aerobic, lari maupun renang. Mengitari 3x lapangan bola sembari menggerakan tangan cukup bagus untuk memulai tidur nyenyak yang berkualitas. Cobalah dan Anda akan merasakan manfaat yang luar biasa dari olahraga ringan ini.

5. Menetralisir Suara
Ada orang yang bisa langsung tertidur ketika menonton acara televisi begitu pula mereka yang lain hanya bisa tidur jika diperdengarkan suara alam yang ada di rekaman mp3. Anda dapat mencoba dengan mengurangi kebisingan yang ada disekitar Anda. Misal Anda menyewa villa atau hotel di puncak gunung. Mulailah untuk rileks dengan kondisi tersebut. Jika badan dan jiwa telah menyatu untuk rileks biasanya akan mudah untuk melakukan aktivitas tidur tersebut.

6. Jauhkan Binatang Peliharaan dari Tempat Tidur
Tanpa disadari anjing dan kucing seringkali menyatu dengan tempat tidur. Padahal hewan-hewan ini belum tentu sehat. Mereka bisa saja membawa kutu, debu, bulu, dan pemicu alergi lainnya ke tempat tidur Anda. Nah, apabila Anda adalah salah satu orang yang kemungkinan memiliki bakat alergi. Bersiaplah untuk susah tidur alias insomnia. Sebaiknya buatkan kandang sendiri yang terpisah dari rumah induk Anda. Sayang dengan binatang, bukan berarti Anda harus mengorbankan diri untuk dapat tidur nyenyak, kan?

7. Lakukan Rileksasi sebelum Tidur
Aktivitas tidur bagi orang penderita insomnia adalah hal yang sangat mewah. Untuk itu agar tidur Anda bisa kembali nyenyak alangkah baiknya sebelum tidur mandi dengan air hangat sembari mendengarkan music yang slow romantic. Musik yang akan meredakan emosi dan membawa kepada bayangan kea lam.

8. Konsultasi ke Dokter dan Jangan Minum Obat Tidur tanpa resep
Jika insomnia atau gejala sulit tidur hanya dalam kondisi ringan, Anda bisa menggunakan tips diatas. Namun jika dirasa sudah mulai memberat sebaiknya konsultasi dengan dokter Anda atau Dokter Ahli iwa, atau juga terapis NLP di kota Anda. Siapa tahu penyebab insomnia itu disebabkan oleh permasalahan yang masuk ke alam bawah sadar Anda dan Anda tidak pernah menyadarinya. Terapi menggunakan obat tidur hanyalah langkah terakhir. Bagaimanapun obat tidur dalam jangka panjang akan berefek buruk bagi kesehatan. Percayalah jika Anda sudah mengetahui penyebab insomnia, maka penyembuhannya akan relatif lebih mudah. Selamat mencoba

Bagikan Artikel ini ke Facebook