E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Tips Memilih Produk Asuransi

Dibaca: 730 kali, Dalam kategori: Tips, Diposting oleh: Admin lihat profil
pada tanggal: 2015-05-07 02:33:06 wib


Tips Memilih Produk AsuransiPepatah mengatakan “sedia payung sebelum hujan” artinya kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang menjadi antisipasi apabila hal-hal yang mungkin terjadi di masa depan. Hal ini berlaku juga dengan asuransi, yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan risiko dan keuangan kepada kita apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Sayangnya belum semua masyarakat Indonesia memahami pentingnya berasuransi, padahal beberapa negara-negara maju di dunia bahkan mewajibkan warganya untuk mempunyai asuransi. Asuransi sebenarnya merupakan mekanisme manajemen resiko atau pengalihan resiko kepada pihak ketiga untuk menanggung, dalam hal ini pihak ketiga tersebut adalah perusahaan asuransi.

Ada baiknya kita lebih membuka diri dan meningkatkan awareness terhadap hal-hal yang memang penting atau memiliki dampak besar bagi kita dan terutama keluarga kita, walaupun saat ini Anda merasa semuanya “baik-baik saja”. Justru kita harus melindungi resiko disaat kondisi sedang baik-baik saja.

Memilih Produk Asuransi

Asuransi sendiri terdiri dari beberapa jenis, misalkan asuransi mobil, jiwa, kesehatan, pendidikan, properti, harta benda, dan lain-lain. Sebelum Anda memilih produk asuransi, simak beberapa tips berikut yang dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan produk asuransi:

Satu. Sesuaikan dengan kebutuhan! Pilih asuransi bukan karena tertarik kepada promo dan hadiah yang ditawarkan. Anda dapat mencari referensi dari pengalaman teman atau bahkan luangkan waktu untuk mendengarkan pendapat dari expert. (semisal: perencana keuangan proffesional).

Dua. Pastikan kredibilitas dari perusahaan Asuransi. Hal yang paling utama adalah pelayanan klaim asuransi, tanyakan secara detil mengenai manfaat yang diberikan, ketentuan yang dipersyaratkan dan pengecualian yang tidak ditanggung oleh asuransi (hal ini selalu menjadi alasan penolakan pengajuan klaim oleh perusahaan).

Ketiga. Pelajari dengan seksama periode pembayaran premi. Apakah Anda (keuangan Anda) cukup nyaman dengan periode tersebut? jangan sampai terjadi keterlambatan yang dapat menyebabkan klaim tidak dibayar. Pada umumnya batas waktu pembayaran premi paling lambat 14 hari setelah tanggal jaminan yang tercantum dalam polis.

Keempat. Cek dan ricek Polis yang Anda terima. Baca dengan teliti setiap hal dan lampiran yang sudah Anda terima. Disini peran Anda cukup penting untuk mengkonfirmasi apakah polis yang Anda terima sesuai dengan kesepakatan yang ditawarkan agen. Apabila terdapat perbedaan segera konfirmasi kepada agen untuk dilakukan pembatalan ataupun perubahan.

Memilih Perusahaan Asuransi

Satu. Legalitas sebuah perusahaan adalah syarat utama. Pastikan perusahaan asuransi tersebut telah terdaftar di pemerintah dalam hal ini adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kunjungi website OJK dan tanyakan langsung ke bagian layanan apabila Anda mendapati perusahaan asuransi yang mencurigakan.

Dua. Kredibilitas perusahaan asuransi biasanya terlihat dari kapasitas keuangan perusahan tersebut. Biasanya laporan neraca keuangan perusahaan dipublikasikan di media perusahaan tersebut (website, annual report, dll). Secara sederhana dapat dilihat dari angka risk base capital yang baiknya minimal 120%. Jangan lupa perhatikan keuntungan perusahaan tiap tahunnya, apabila perusahaan tersebu bagus, tentunya kepercayaan pelanggan dapat dilihat dari keuntungan yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Ketiga. Cek profil dari perusahaan. perusahaan tersebut didirikan tahun berapa untuk mengetahui pengalamannya dan pastikan memiliki tenaga ahli yang mumpuni. Perusahaan yang baik memiliki tenaga ahli di Kantor Pusat, Akuntan ahli di seluruh kantor cabang, dan juga tenaga aktuaris.

Keempat. Layanan yang diberikan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan kualitas jasa yang telah diberikan oleh perusahaan, hal-hal penting seperti: berapa lama penerbitan polis?, pelayanan ekstra atau bonus tambahan yang diberikan, terlebih lagi kualitas rekanan yang ditunjuk (seperti rumah sakit, bengkel rekanan, dan sebagainya).

Sumber:
http://apbnnews.com/asuransi/memilih-produk-asuransi/

Bagikan Artikel ini ke Facebook