E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Menggagas Sekolah Berbasis Warung

Dibaca: 811 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: HADI FARNAWAN lihat profil
pada tanggal: 2016-06-25 08:25:03 wib


Dunia pendidikan sedang terpuruk meski kurikulum terus ‘dibenahi’, guru di’sertifikasi’, dan Ujian Nasional di’Pakta Integritasi’. Tapi berita, justru menggambarkan seolah semua itu sia-sia. Artis tak hafal pancasila, guru dipenjara karena ‘njiwit’ siswa, kebiadapan seksual, dan sebagainya. Karena itu, inovasi baru dalam pendidikan, meski ‘nyleneh’, mestinya menjadi tak tabu dan patut dilakukan.
Pengelolaan sekolah kita belum berubah, semua serba diatur. Pelajaran, guru, jadwal, seragam pun diatur. Siswa, tak diberi kebebasan merencanakan belajarnya. Bagi banyak siswa, ritual sekolah hanyalah mendengarkan ceramah, mengerjakan tugas, dan mendapat hukuman. Membosankan, tak ada yang menyenangkan, kalaupun ada, pasti jam kosong, istirahat, dan bel pulang.
Andaikan sekolah dikelola seperti warung. Siswa dapat memilih sendiri ‘menu’ berupa kompetensi yang ingin dia pelajari, guru yang dia ingini, dan cara belajar yang dia sukai. Setelah semua ‘menu’ berhasil dia kuasai, disuruh bayar (kalau negara tega), dinyatakan lulus dan diperbolehkan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Bagaimana menurut anda ?

Bagikan Artikel ini ke Facebook