E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

MENSYUKURI NIíMAT KEMERDEKAAN

Dibaca: 867 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: UNDANG SAHRUDIN,S.Pd.I lihat profil
pada tanggal: 2016-08-16 11:46:19 wib


MENSYUKURI NIíMAT KEMERDEKAAN
Menjadi bangsa yang merdeka merupakan suatu keinginan semua orang ,termasuk Indonesia,untuk mewujudkan cita-cita yang mulia itu para pendahulu kita rela mengorban kan segalanya;baik itu harta,jiwa dan raga ,tak terhitung berapa jumlahnya para pahlawan yang menjadi bukti keseriusan para pendahulu kita untuk menebus keinginan yang luhur dan mulia itu.
Dengan semangat pengorbanan yang tinggi,mereka berjuang,bahu-membahu mengusir penjajah yang telah berates-ratus tahun menduduki bumi pertiwi yang kita cintai ,perjuangan tanpa pamrih yang mereka buktikan itu ahirnya berbuah manis ,penjajah yang telah beratus-ratus tahun itu hengkang dari negri yang kaya akan sumber daya alam yang kita cintai ini, semua itu berkat kesungguhan para pejuang yang tak kenal lelah dan yang lebih penting lagi atas pertolongan Alloh S,W,T yang maha kuasa ahirnya apa yang kita inginkan itu dapat terwujud,menjadi bangsa yang merdeka.
Tidak terasa, Indonesia sudah berusia 71 tahun,sebuah usia yang cukum matang dalam kedewasaan.. Sebuah pencapaian yang seharusnya disyukuri oleh segenap elemen bangsa tanpa terkecuali. Alloh berpirman dalam al-qurían yang artinya jika kamu bersyukur atas niímat yang kami berikan ,niscaya kami akan menambah niímatnya,dan apabila kamu tidak mensyukuri niímatku ,maka sesungguhnya siksa ku sangatlah pedih. Mensyukuri niímat kemerdekaan tentunya mengisinya dengan hal-hal yang positif.dalam sebuah hadits kursi juga di sebutkan yang artinya ; barang siapa yang tidak sabar atas ujian yang aku berikan,dan tidak mau bersyukur atas niímat yang aku berikan,maka pergilah dari kolong langitKU carilah tuhan selainKU
Tanpa kemerdekaan yang diperjuangan dengan gigih dan gagah, sebuah bangsa akan terus terjajah, dibodohi, dan didzalimi oleh bangsa lain. Namun, proklamasi kemerdekaan telah menjadi titik balik bagi Indonesia untuk bangkit, memperjuangkan hak-hak kemanusiaan rakyat, dan bangkit menjadi bangsa yang berdikari serta sejahtera sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah lebih dahulu merdeka.
Dalam perjalanannya, sebuah bangsa tentu tak lantas semudah membalikan tangan, menegakkan pilar-pilar kesejahteraan perlu dukungan semua pihak seluruh eleemn bangsa harus ikut berpartisipasi ,bahu-membahu dalam mewujudkan kesejahteraan itu.. Begitu pun dengan Indonesia, negara yang kaya akan sumberdaya alam yang melimpah sebagai modala awwal untuk membangun mensejahterakan rakyatnya. Meski demikian, sebagai bagian dari negara, selayaknya kita turut berkontribusi mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sesuai dengan propesi kita masing-masing.
Mencintai tanah air merupakan suatu kewajiban semua warga tanpa terkecuali,dan itu harus terus dikumandankan ,jangan terpropokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,karena NKRI harga mati yang harus selalu dipertahankan.. karena sebagai orang yang beriman cinta tanah air ( hubbul wathon ) adalah sebahagian dari iman.oleh karena itu sudah seharusnya kita mencintai tanah air tempat dimana kita dilahirkan dibesarkan dengan penuh kedamaian. kasih sayang, cinta, dan persahabatan. Jika tiadak memiliki kecintaan terhadap tanah air dalam pribadi setiap orang,maka hal itu tdaklah wajar. Oleh karena itu, meski tak banyak yang bisa kita lakukan untuk turut serta membangun bangsa, mari setidaknya tulus mensyukuri nikmat kemerdekaan. Kita perlu bersyukur, negara telah mengemban amanah rakyat, berusaha memberi perlindungan dan rasa aman, serta berupaya melunasi janji kemerdekaan
Jasa negara terhadap tunas bangsa sungguh bermakna, baik dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, dan bahkan memutus mata rantai kemiskinan. Negara, melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan banyak beasiswa bagi masyarakat pra sejahtera yang menyekolahkan anaknya, bahkan hingga jenjang perguruan tinggi. Kabar baiknya, pribadi terdidik dari keluarga pra sejahtera dapat memutus mata rantai kemiskinan dan memiliki pandangan masa depan yang lebih cerah. Pada titik ini, sangat terlihat bahwa Indonesia merupakan negara yang berusaha memberikan hak-hak kepada rakyat dan memberikan kehidupan yang layak. Di sisi lain, pemerintah juga telah meringankan biaya kesehatan bagi masyarakat pra sejahtera. Secara alami, hal ini meningkatkan kemudahan akses kesehatan.
Atas berbagai kemudahan yang diberikan negara ini, kita pantas bersyukur kepada Allah Swt. Dalam ancaman berbagai konflik,negara tetap mampu menunjukkan keberpihakan terhadap rakyat kecil. Maka, merupakan suatu hal yang ironis jika rakyatnya berpaling dari Indonesia, tak mau mensyukuri nikmat kemerdekaan, dan bahkan tergiur oleh paham radikal yang menebar kebencian terhadap Indonesia. Perlu kita sadari bersama bahwa Indonesia merupakan tanah kelahiran, tanah harapan, dan tanah tempat untuk beribadah, bekerja, dan berkarya.
Terkait dengan maraknya larangan menghormati bendera dan merayakan Hari Kemerdekaan, sikap bijak harus dilahirkan. Perlu disadari bersama bahwa nikmat kemerdekaan harus disyukuri. Ada banyak pelajaran kehidupan yang ditorehkan para pahlawan pada kanvas sejarah. Mensyukuri Hari Kemerdekaan sangat perlu dilakukan sebagai ekspresi keberagamaan. Sebab, dengan abai terhadap Hari Kemerdekaan dan bendera simbol kemerdekaan, kita tak ubah layaknya individu yang lupa pada sejarah.
Pada muaranya, hal yang paling sederhana yang bisa kita lakukan dalam mengisi kemerdekaan ialah dengan mensyukuri nikmat kemerdekaan. Tantangan perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia masa kini bukan lagi penjajah asing. Akan tetapi, tantangan perjuangan di masa kini adalah putra-putri negeri yang menebar kebencian pada bumi pertiwi. Untuk mengatasinya, kebencian harus dihadapi dengan cinta agar tak menggurita menjadi patologi sosial. Konsekuensinya, sikap cinta tanah air harus kita lipat gandakan setulus-tulusnya. Mari, mensyukuri nikmat kemerdekaan sebab kemerdekaan merupakan anugerah Tuhan bagi negeri yang terpilih, .. Allooohu Akbar


Bagikan Artikel ini ke Facebook