E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

“ Tingkat kecepatan membaca siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya Tahun 2016

Dibaca: 444 kali, Dalam kategori: Motivasi, Diposting oleh: HENDAR, S.Pd., M.Si lihat profil
pada tanggal: 2016-08-27 11:27:30 wib


Kecepatan membaca siswa

Para siswa ada yang berpendapat bahwa kecepatan membaca itu tidak penting karena mereka berfikir bahwa kita tidak sekedar membaca saja tetapi kita harus memahami isi dari bacaan yang kita baca, namun ada yang berpendapat bahwa itu penting karena membaca cepat bisa bermanfaat untuk kebutuhan kita dalam belajar karena dengan membaca kita bisa mengetahui yang belum kita ketahui dan dapat menambah pemgetahuan kita. Tingkat kecepatan membaca dari siswa Siswa MTsN 3 Tasikmalaya yang sudah kami teliti masih banyak yang dibawah standar, yang dimana standar dari kecepatan membaca untuk siswa-siswi MTs adalah 245 kpm (kata per menit). Dari beberapa sampel yang kami ambil hanya ada beberapa dari mereka yang tingkat kecepatannya berada diatas standar dari kecepatan membaca yang sudah ada.

b.Penyebab dari tingkat kecepatan membaca siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya masih banyak yang ada dibawah standar.
Penyebabnya dari tingkat kecepatan membaca mereka dibawah standar karena mereka tidak suka membaca, serta mereka jarang sekali membaca bahkan ada yang mengataka mereka paling hanya membaca 1 kali seminggu bahkan ada 1 bulan hanya sekali membaca. Dan bahkan mereka lebih suka bermain games dan pergi ke mall di bandingkan dengan duduk berdiam diri untuk membaca buku.

c.Cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat kecepatan membaca para siswa kelas IX MTsN 3Tasikmalaya.
Cara untuk meningkatkan kecepatan membaca kita harus membaca sesering mungkin agar kecepatan membaca kita diatas standar dan bahkan kita harus membaca paling sedikit 1 kali sehari untuk membaca buku.

d.Faktor-faktor yang membuat para siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya kurang suka membaca buku,baik itu buku fiksi maupun buku non-fiksi
Faktor-faktor mereka tidak suka membaca buku baik itu buku fiksi maupun non fiksi karena menurut mereka membaca itu membosankan, dan tidak menarik.

Pada bagian ini penulis akan memaparkan pendapat penulis cara meningkatkan kecepatan membaca dan minat membaca siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis dapatkan maka penulis berpendapat bahwa kecepatan membaca siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya masih banyak yang dibawah standar. Mengapa demikian? Karena dari 800 kata yang telah di ujikan kepada mereka, kecepatan membaca merekadi bawah 245 kpm ( kata per menit) atau mereka membaca dalam waktu kurang lebih 4-5 menit atau 240-300 detik. Jika demikan, mengapa mereka tidak suka membaca? padahal membaca itu memiliki manfaat yang banyak sekali, selain menambah ilmu juga bisa menambah informasi bagi kita. Itu karena menurut mereka membaca itu membosankan dan tidak menarik perhatian mereka, oleh karena itu tingkat kecepatan membaca mereka banyak yang dibawah standar.
Cara untuk meningkatkan kecepatan membaca siswa kelas IX MTsN 3 Tasikmalaya adalah dengan mengajak mereka membaca buku-buku yang menarik bagi mereka yaitu pertama dengan membaca buku yang ringan-ringan saja dan yang memiliki gambar, mengapa harus yang bergambar? Karena biasanya otak menusia sangat suka yang berhubungan dengan gambar, setelah mereka mulai suka membaca kita mengajak mereka membaca novel, dan kemudian mereka akan membaca buku apapun yang ingin mereka baca. Secara otomatis kecepatan membacanya mereka sudah bertambah karena mereka sudah suka membaca dan sudah lebih sering lagi membaca.

Bagikan Artikel ini ke Facebook