E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Wisata Religie Situs Panji Desa Gambyok Grogol

Dibaca: 818 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: YOHANA RAHAYU PANCAWATI DESRITA, S.Sos lihat profil
pada tanggal: 2016-09-13 09:53:18 wib


Wisata Religie Situs Panji Desa Gambyok GrogolBerbicara masalah wisata Religie yang ada di Kabupaten Kediri memang harus ekstra hati-hati. Apa lagi di era Teknologi yang sangat canggih semuanya bisa di lihat melalui internet dengan mbah google.

Tim Diskominfo bersama dengan Camat Grogol dan Staf kecamatan Grogol di dampingi kepala Desa Gambyok melihat dari dekat Situs Panji yang sangat ramai di bicarakan di media sosial.

Suroto Kepala Desa Gambyok menuturkan rencananya Situs Panji akan di rehab dan dibenahi. Baik akses jalan menuju situs panji maupun bangunanya. Rencananya kami akan membuatkan payon atau pelindung seperti atap supaya Situs Panji bisa aman paling tidak ada pagar pembatas jadi tidak seperti ini.

Pengunjung situs bisa melihat hanya sebatas pagar yang akan kami buat. Sehingga tidak rusak dan bisa menjaga kelestarian seni budaya peninggalan nenek moyang yang tidak dimiliki daerah lain. Meskipun sisa peninggalan hanya sepenggal ini, kami upayakan keamanan juga kelestarian dan tidak mengurangi keasliannya. Kata Suroto

Kalau bicara masalah sejarah Situs Panji disini, sudah banyak dimuat dengan berbagai versi. Mulai dari tulisan para budayawan dan pakar sejarah. Silahkan buka atau klik di google cari Situs Panji Desa Gambyok Kecamatan Grogol, pasti langsung muncul. Kata Suroto dengan bangga.

Kami akui memang dulu sebagian arca ini ada yang hilang dan arca yang di sinipun kelihatan sudah mau diambil atau dicuri kita bisa lihat ada bekas pecahan di bongkahan arca. Saat ini kami hanya ekstra ketat untuk menjaga peninggalan sejarah Situs Panji dengan mempercayakan kepada penduduk sekitar Situs Panji.

Situs panji tepat berada di tengah- tengah pemukiman penduduk Dusun Sarasehan Desa Gambyok. Di samping Situs Panji juga ada 2 makam yang sangat panjang dan besar dengan ukuran yang berbeda.
Makam pertama memiliki ukuran panjang 6.5 m dan lebar 1.5 m. Sedangkan makam kedua berukuran panjang 4 m dan lebar 1.5 m. Tutur Suroto

Di sekitar makam ini ada pohon besar yang bisa menambah teduh suasana makam. Kami menyebutnya dengan sebutan Pohon Pucuk Merah karena pucuknya berwarna merah. Masyarakat Desa Gambyok maupun desa tetangga sering melakukan ritual atau nyadran di sini. Situs Panji kami akui sebagai simbol Desa Gambyok. Jelas Suroto.

Moh. Imron Camat Grogol yang setia mendampingi Tim Kominfo sangat berharap supaya Situs Panji bisa di renovasi bangunannya dan tidak mengurangi keaslian dari Situs Panji.

Situs Panji bisa dikembangkan menjadi destinasi baru sebagai Wisata Religi. Hal ini untuk mendukung Wisata Religi yang sudah ramai pengunjung yaitu Makam Syeh Mursad yang ada di Desa Bakalan Kecamatan Grogol. Tutur Imron

Untuk itu saya berpesan kepada masyarakat khusunya Desa Gambyok agar bisa menjaga Situs Panji terutama keamanan dan kebersihan. Kedepannya kalau Situs ini sudah di benahi warga sekitar juga bisa membuka usaha. Terang Imron

Seperti Warung khas deso, aneka kerajinan dan oleh-oleh khas desa ini. Sehingan dengan demikian bisa meningkatkan penghasilan juga meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Bila perlu di buatkan lahan parkir yang di kelola oleh Karang Taruna Desa Gambyok. Tambah Imron (Kominfo)

Bagikan Artikel ini ke Facebook