E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

Pendidikan Pramuka Membentuk Kepribadian dan Karakter

Dibaca: 1072 kali, Dalam kategori: Pendidikan, Diposting oleh: HENDAR, S.Pd., M.Si lihat profil
pada tanggal: 2016-09-21 15:06:57 wib


Pendidikan Pramuka Membentuk Kepribadian dan Karakter“Pendidikan Pramuka dapat membentuk kepribadian dan karakter siswa yang berakhlaq mulia dan bermoral”

Dasa Darma Pramuka adalah salah satu bagian dari kode kehormatan bagi anggota Gerakan Pramuka sekaligus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari prinsip dasar Kepramukaan. Kode Kehormatan Pramuka (Kode Etik Anggota Gerakan Pramuka) terdiri atas janji (komitmen diri) dan ketentuan moral pramuka. Ketentuan moral pramuka inilah yang kemudian disebut sebagai Darma Pramuka yang terdiri atas Dwidarma (untuk pramuka siaga) dan Dasa Darma (untuk pramuka penggalang, penegak, pandega, dan anggota dewasa).
Satu hal yanbg terpenting dalam pendidikan adalah menjadikan siswa memiliki sikap atau karakter yang baik dan benar sesuai dengan moral, nilai, dan ketentuan yang diharapkan oleh bangsa dan agama. Pendidikan pramuka dapat membentuk kepribadian dan karakter siswa yang berakhlaq mulia dan bermoral baik.
Jika Pemerintah sangat serius untuk menetapkan pendidikan kepramukaan di sekolah dengan masuk pada jam pelajaran efektif, ini sangat luar biasa dengan kehadiran pramuka di kelas secara teori dan praktik hal yang sangat dinantikan oleh guru dan siswa.
Selama ini kita hanya diberikan dengan tenaga dan pemikiran sisa untuk mengembangkan kegiatan pramuka dengan ekstra kurikuler atau setelah kegiatan pokok dan utama selesai baru melakukan kegiatan tambahan dengan pramuka, sehingga pembina dan siswa sebagian masih ada yang sangat kurang untuk mengikutinya, apalagi siswa yang jauh tempat tinggal dari sekolah tentu memilih untuk meninggalkan kegiatan pramuka, tetapi dengan adanya pembaharuan ini akan sangat menyenangkan sekali bagi guru dan siswa.
Sebagian orang masih beranggapan bahwa pramuka itu hanya tepuk tangan, bernyanyi, baris berbaris, tali temali. Padahal pramuka itu bersifat fleksibel dalam arti dapat berkembang mengikuti zaman.
Pengalaman siswa yang telah mengikuti kegiatan pramuka dapat dirasakan manfaatnya, sebagai berikut :
 Kemandirian.
Misalnya suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dan sebagainya.
 Mendapat Keluarga Baru.
Tidak hanya di sekolah, di kota/desa, di Indonesia, bahkan di dunia pun karena “Pramuka” , orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Dunia.
 Lebih Mencintai Lingkungan.
Bagaimana Pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelajahan alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.
 Leadership.
Melalui Pendidikan Pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kejujuran, tanggung jawab, menjawab semua masalah dan mengatasinya.

Tentunya pihak sekolah dalam hal ini harus berperan aktif menyampaikan sosialisasi kepada siswa tentang pentingnya pendidikan pramuka di sekolah, dan kepala sekolah sekaligus sebagai Kamabigus harus menentukan guru selaku pengajar khusus pramuka minimal yang telah mengikuti kursus mahir dasar (KMD) pembina pramuka dibuktikan dengan ijazah KMD supaya benar-benar pelaksanaan KBM terarah dan ada hasil yang lebih maksimal sesuai dengan yang diharapkan semuanya.
(terima kasih semoga bermanfaat)

Bagikan Artikel ini ke Facebook