E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

LMDH Sumber Podang Makmur dan Pokdarwis Siap Raih Swasti Saba Wiwerda

Dibaca: 326 kali, Dalam kategori: Umum, Diposting oleh: YOHANA RAHAYU PANCAWATI DESRITA, S.Sos lihat profil
pada tanggal: 2016-09-26 08:26:26 wib


LMDH Sumber Podang Makmur dan Pokdarwis  Siap Raih Swasti Saba Wiwerda
Upaya untuk bisa menyabet kategori Tatanan Swasti Saba Wiwerda dari Tim Kabupaten Sehat di pimpin langsung Nurul Puspa Irawati, ST. Koordinator Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. Bekerjasama dengan Dinas Terkait, Kecamatan dan Desa, kali ini Jum'at (5/8) giliran pembinaan di Desa Joho Kecamatan Semen dengan Tatanan Hutan Sehat.

Kesiapan masalah administrasi dari LMDH Sumber Podang Makmur Desa Joho Kecamatan Semen yang didalamnya juga terdapat Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dengan Ketuanya Suratmin beranggotakan 816 orang dengan luas lahan Hutan Sehat 1.585,60 Ha.

LMDH Sumber Podang Makmur dibawah naungan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kediri sangat antusias menyambut datangnya Tim Kabupaten Sehat. Mereka menunjukkan hasil kerjasama mereka di kawasan Wisata Sumber Podang berupa MCK Umum dan Pelestarian Kawasan Hutan Lindung.

Kepala Desa Joho Deddy Saputra, SKM dalam kesempatan tersebut mengharapkan kepada semua warga Desa Joho terutama LMDH untuk lebih menjaga kelestarian Kawasan Wisata Sumber Podang sehingga lebih dikenal masyarakat luas. Semoga bisa mendapat hasil yang lebih baik, tetapi kita harus selalu berusaha menjadi yang terbaik.

Camat Semen Elok Etika yang menanyakan langsung kepada warga Desa Joho yang hadir apakah bersedia dan sanggup untuk menjadikan kawasan hutan di Desa Joho menjadi Hutan Sehat, semua menjawab Siap dan Sanggup.

Lebih lanjut dikatakan Elok Etika bahwa Desa Joho sebagai salah satu desa rujukan untuk menjadi Desa Wisata. Kalau Desa Joho mempunyai mental takut dan belum siap ibaratnya sebuah rumah tanpa pondasi. Pondasinya yaitu rasa kebersamaan, kekompakan dan guyup rukun.

Saya berharap juga Pokdarwis yang tergabung didalam LMDH agar betul betul eksis atau mempunyai kiprah yang bisa diterima di masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Ungkap Elok Etika

Acara tinjau lokasi Kawasan Hutan Sehat dipimpin langsung dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kediri Eko Widodo, SP didampingi Kepala Sub Seksi Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat Arif Budiman, SH dan anggota LMDH Sumber Podang Makmur menuju Hutan Pinus.

Arif Budiman mengatakan hutan pinus memang milik perhutani tapi untuk pengelolaan lahan hutan pinus kami serahkan kepada LMDH. Kami membantu mulai dari alat sadap, mangkok, sampai pada pembelian hasil Getah Pinus untuk selanjutnya kami kirim ke Trenggalek. Disamping Hutan Pinus kami juga sudah memberikan bantuan berupa pohon Mindi. Ini semua untuk kelestarian hutan lindung dan penahan tanah supaya tidak longsor.

Ditambahkan oleh Eko Widodo bahwa pengelolahan kawasan Hutan Sehat mulai dari keindahan, penataan tempat, keasrian dan kelestarian hutan lindung dipercayakan kepada LMDH. Kita lihat saat ini mereka mampu meningkatkan keindahan didaerah Wisata Sumber Podang dengan tidak mengurangi keaslian tempatnya. Kami yakin dan percaya 10 tahun kedepan hutan ini tetap lestari untuk peninggalan anak cucu dan penghidupan di masa depan mereka. Kata Eko yang di Amini oleh warga LMDH. (ita.Kominfo).

Bagikan Artikel ini ke Facebook