E-KINERJA.COM

Laporan Harian, Penyimpanan Dokumen, Publikasi Artikel/ Tulisan, dan Chatting

RAMADLAN SEBAGAI MOMENTUM UNTUK KITA KEMBALI PADA FITRAH SEBAGAI MAKHLUK TERMULIA

Dibaca: 1070 kali, Dalam kategori: Agama, Diposting oleh: AFIFUDDIN, S.Ag. lihat profil
pada tanggal: 2015-06-19 13:24:24 wib


الخطبة الاولى
الْحَمْدُ ِللهِ .الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ يَقْضِيْ بِالْحَقِّ وَالْعَدْلِ وَيَهْدِيْ مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ ، يُقَدِّرُ اْلأُمُوْرَ بِحِكْمَةٍ ، وَيَحْكُمُ بِالشَّرَائِعِ لِحِكْمَةٍ وَهُوَالْحَكِيْمُ اْلعَلِيْمُ
اشهد ان لااله الا الله واحده لا شريك له اله واحدا ونحن له مخلصون. واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله وحبيبه وخليله. اللهم صل وسلم وبارك على الرسول الاكرم الداع الى الخير الاعظم سيدنا ومولنا محمد وعلى اله واصحابه ومن تبعه باحسان الى يوم الدين.
قال تعالى, اعوذ بالله من الشيطان الرجيم : يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. اما بعد : ايها المسلمون: اتقوا الله, اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن الا وانتم مسلمون.
Jama’ah yang dimulyakan Allah
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah ta’ala yang telah memberikan kesempatan pada kita semua dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh rahmat dan maghfiroh ini, yakni bulan ramadlan.
Shalawat serta salam selalu kita sanjungkan pada junjungan kita nabi agung Nabi muhammad saw. khatamul anbiya wal mursalin.

Jama’ah yang dimulyakan Allah
Dibulan yang penuh berkah ini, marilah kita tingkatkan taqwa kita pada Allah swt. karena tiada yang lebih baik dari itu yang dapat kita persembahkan pada-Nya
وتزودوا فان خير الزاد التقوى.
Jama’ah yang dimulyakan Allah
Kita sebagai manusia, secara langsung atau tidak adalah makhluk sosial yang berhubungan dengan lainnya. Dari hubungan dan sosialisasi dengan lainnya itu pasti membawa implikasi, baik dari diri kita pada yang lainnya ataupun dari lainnya pada diri kita.
Implikasi tersebut akanlah baik atau buruk tergantung dari nilai yang kita dan masyarakat serap, berpengaruh atau tidaknya juga tergantung pada fondasi kita. Nilai yang baik tentulah tidak menjadi sebuah persoalan, akan tetapi yang perlu kita antisipasi adalah nilai- nilai yang tidak baik. Apakah nilai itu benar- benar baik ataukah hanya kelihatannya saja baik, diramu seakan- akan baik padahal buruk.
Singgungan- singgungan inilah yang akan membentuk kita, mulai dari keluarga, masyarakat serta lingkungan sekolah dll. Yang sedikit atau banyak akan membentuk tingkah laku serta watak kita, lingkungan yang sehat secara nilai akan membentuk kita menjadi baik akan tetapi sebaliknya jika lingkungan kita cenderung deviatif maka akan mempengaruhi kita menjadi buruk. Kalau perilaku sekitar kita sudah mengarah pada hal- hal yang buruk secara terus menerus yang kitapun ikut andil didalamnya, maka kerak dosa yang tertanam pada hati kita semakin tebal dan dipastikan akan susah untuk menghapusnya.

Jama’ah yang dimulyakan Allah
Bulan ini, bulan ramadlan ini adalah momentum khusus untuk membersihkan kerak dosa yang menempel pada jiwa kita. Oleh karena itu sepatutnya kita menyambut kedatangan bulan ini dengan senang hati, sebab hanya dibulan inilah ada kekhususan penambahan skala nilai, disamping ada implikasi yang telah dijanjikan oleh Allah swt.
مَنْ فَرِحَ بِدُخُوْلِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلَى النِّيْرَانِ
“Barangsiapa yang bergembira dengan kedatangan bulan Ramadhan niscaya Allah mengharamkan jasadnya dari neraka”
Untuk itu marilah kita manfaatkan momentum ini dengan sebaik- baiknya dengan meningkatkan berbagai ritual ibadah yang baik
من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفرالله له ما تقدم من ذنبه
“Siapa yang menegakkan (memperbanyak amalan) dibulan ramadlan dengan yakin dan penuh pengharapan maka akan dihapus segala dosanya yang telah lalu”.
Karena inilah waktunya untuk mengingat kembali asas tujuan kita diciptakan yakni hanya untuk beribadah kepada-Nya, segala perbuatan kita harus bernilai ibadah pada-Nya.
Dengan begitu maka kita akan dapatkan kembali ke-fithrahan kita sebagai makhluk yang termulia dengan meraih golongan اتقاكم sesuai dengan firman Allah .ان اكرمكم عند الله اتقاكم
Dan pada bulan ini, ramadlan ini sebagai cerminan akan keaslian diri kita, baik atau buruk dapat dilihat pada bulan ini, karena dibulan ini tiada makhluk apapun yang mengganggu dan mempengaruhi kita, pada bulan inilah keistimewaan tertentu diberikan:
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ
“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)
Disamping itu “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka.” (HR. Ahmad dan Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’)
إِنَّمَا الصِّيَامُ جُنَّةٌ يَسْتَجِنُّ بِهَا الْعَبْدُ مِنَ النَّار
Hanya saja bekas dosa- dosa itu masih menempel tetap menyatu dengan kita ataukah tidak.
Karenanya, marilah kita manfaatkan dengan sebaik- baiknya kesempatan yang ada dibulan ini, dengan begitu kita akan dapat meraih tingkatan اتقاكم . inilah sebenarnya fithrah kita yakni kesucian, hanya beribadah, makhluk termulia. Untuk itu janganlah kita kehilangan momentum dengan membiarkan lewatnya ramadlan tanpa amalan yang baik, dan keajegan tiada berkurangnya dosa- dosa kita
رغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له

“ celakalah seseorang, yang memasuki bulan ramadlan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ ( diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad ).

Jama’ah yang dimulyakan Allah
Semoga kita dapat memanfa’atkan momentum ini untuk meningkatkan taqwa kita pada Allah ta’ala, membersihkan kembali diri kita dari segala kotoran yang menempel pada jiwa kita sehingga kita dapat mengembalikan fitrah kita sebagai makhluk yang termulia disisi Allah, amin....

الخطبة الثانيه
اْلحَمْد للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. اشهد ان لااله الاالله واحده لا شريك له, واشهد ان سيدنا محمدا عبده ورسوله. أللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه اجمعين.
اما بعد :
فَياَ اَيُّهَا النَّاس. اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى, وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآئِكَتِهِ قُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى: اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى. يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ وسلم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ.
اللهُمَّ اغْفِرْللمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ اَلاَحْيآءمِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَدَمِّرْاَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.
اللهم تقبل صيامنا وركوعنا وسجودنا وكل جميع اعمالنا, يا الله
يا انت السميع الدعاء. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فاَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَر.
عقيق الدين دمنهورى

Bagikan Artikel ini ke Facebook